PERAYAAN PASKA ANAK SEKOLAH MINGGU


Minggu 31 Maret 2013, saya berangkat ke gereja dengan menggunakan baju merah dan celana jeans. Tiba disana sekitar setegah jam kemudian, beberapa anak-anak sekolah minggu menggunakan seragam yang sama yang aku gunakan, seragam merah dengan logo Gereja Toraja di dada samping kiri dan lambang bola dunia dan beberapa anak-anak didalam lingkaran dengan tulisan aku dan kamu sama di mata Tuhan yang tulisannya mengkuti lingkarn bajunya di punggung belakang baju itu.

Minggu Pasaka, inilah yang dinantikan setiap anak sekolah minggu yang ditemani oleh orantua atau wali mereka yang berada didalam halaman gereja sambil menunggu teman-teman yang lainnya. Sebelum berangkat, semuanya diawali dengan doa oleh pendeta Yusuf paliling.

Acara paska Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat Bawakaraeng diadakan di lokasi benteng somba opu dilokasi Taman Toraja. Keberangkatan sekitar pukul 8.00, dengan beberapa kendaraan dari orang tua anak sekolah minggu dan kendaraan sewahan berupa bus besar dan satu mobil tentara.

Seketika tiba dilokasi, beberapa pelayan langsung beres-beres sebelum masuk kedalam acara atau ibadah. Semua perlengkapan dipindahkan kedalam lokasi termasuk parsel untuk anak-anak sekolah minggu nantinya. Anggota PPGT (Persekutuan Pemuda Gereja Toraja) yang menadi pelayan adalah sikembar Erni & Erna serta ketua PPGT Yustisia Napang yang sudah bergabung menjadi pelayan sekitar setahun yang lalu dan yang baru bergabung kurang dari dua bulan adalah saya sendiri dan Piter.


Bagiku, ada sukacita tersendiri menjadi pelayan sekolah minggu, karna sangat suka dengan anak-anak kecil, itu adalah salah satu kesempatan untuk terus berada didekat mereka. Dan alasan yang utama adalah berusaha kuat didalam iman, saya hanya manusia biasa, dan saya sadar beberapa tahun terakhir, Dunia berusaha menarikku, dan menjauh dari Tuhan, salah satu usahanya yang paling kuat adalah berusaha menarikku kedalam pergaulan bebas. Dengan mejadi pelayan, atau bergabung dengan PPGT, ikut dalam setiap ibadah, aku bisa kuat didalam doa, didalam setiap persekutuan, dengan demikian, waktuku akan lebih banyak mengarah kepada Tuhan.

Setelah beres-beres, para anak sekolah minggu dipanggil untuk berkumpul didalm satu tenda yang telah disipakan sebelumnya di pinggir lapangan, tenda yang sering digunakan oleh para tentara dalam berkemah, kemudian ibadah dengan duduk beralaskan tikar yang dibawah masing-masing oleh anak sekolah minggu.

Ibadah berlangsung dengan menyanyikan lagu-lagu sekolah minggu dan sebelum masuk kedalam cerita firman Tuhan oleh Pdt. Reni Yusuf S.Th, dilakukan pemutaran film Tuhan Yesus yang diperlihatkan sejak lahir-NYA hingga masa penyaliban yang diakhiri dengan kembali menceritakan tentang kisa ini, kisah Penyaliban Tuhan Yesus oleh ibu pendeta. Setelah perenungan dan ibadah paska sekolah minggu, dilanjutkan dengan makan siang bersama sebelum masuk kedalam Games.

Beberpa games dimainkan oleh para anak-anak sekolah minggu beberapa menit setelah makan siang. Salah satu games yang saya tengahi adalah perlombaan memasukkan pensil kedalam botol, pensil ini diikat di pinggang anak yang mengikutinya, anak kelas 3 & 4. Perlombaan lain adalah temak lagu, dimana pelayang menggerakkan pujian itu sesuai dengan lagunya kemudian anak sekolah minggu menebanya dengan melihat gerakan itu. Dan berikutnya adalah lombah mencari tulisan disebuah kerta didalam kardus sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pelayan, ada juga lomba membawa kelereng dengan sendok yang digigit dan juga lomba menebak apa yang tertulis di dahi orang yang akan menebak dengan arahan dari salah satu teman.


Setelah mendapatkan semua juara, acara dilanjutkan dengan pencarian telur dalam bentuk kertas, kertas yang disebarkan oleh panitia betuliskan tulisan untuk mendapatkan sebuah telur dari panitia, namun tidak sedikit kertas yang bertuliskan tulisan belum beruntung.

Pemberian hadia kepada juara dan parsel kepada anak sekolah minggu dilakukan setelah pencarian telur usai. Setelah parsel di bagikan, para anak-anak sekolah minggu dan panitia kembali kemobil setelah beres-beres untuk beranjak dan kembali kegereja untuk masing-masing kembali kerumah masing-masing.

Perayaan paska yang berikutnya yang aku nantikan adalah perayaan paska oleh PPGT. Semoga berhubungan dengan kolam renang..hahaha ✌(>‿◠)✌ sekaligus belajar berenang.

Matius  19:14 ---Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."---

Matius  18:3 ---lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.---


INI DIA FOTO-FOTONYA










Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung... TYM