Pertemuan Raya IX PPGT

TKP praya IX ppgt 2012
Pertemuan Raya (Praya) sebagai salah satu program dalam menjawab hal di atas merupakan kalender tetap PPGT yang dilaksanakan setiap lima tahun sebagai pesta iman dan pertemuan kasih serta tatap muka seluruh warga PPGT dari seluruh dunia tanpa batas dan prasyarat organisatoris.

Latar Belakang

Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) adalah organisasi kepemudaan internal Gereja Toraja yang bertujuan menyatakan tugas dan panggilannya dalam pekerjaan pelayanan dan pembangunan Tubuh Kristus, serta menyatakan kesaksiannya di tengah-tengah Gereja, Masyarakat, dan Alam Semesta. PPGT lahir dari komunitas Toraja tetapi terpanggil untuk hadir membawa damai sejahtera Allah untuk semua ciptaan tanpa batas dan sekat. Sampai dengan sekarang anggota PPGT sudah berjumlah kurang lebih 150.000 orang yang tersebar di seluruh dunia. Gereja Toraja sendiri sudah memiliki 1001 Jemaat yang tersebar di 85 Klasis.

PPGT yang pada tahun 2012 akan menginjakkan kakinya di usia ke-50 terus mengalami berbagai dinamika dan perkembangan. Paradigma Baru PPGT yang ditelorkan pada Kongres XII tahun 2008 di Samarinda menuntut PPGT untuk lebih bersifat inklusif dengan ikut memikirkan dan melibatkan diri dalam isu-isu global seperti pemeliharaan lingkungan hidup, pengentasan kemiskinan, pelayanan sosial dan kesehatan, pengembangan peran kebangsaan serta pluralisme, dan sebagainya.

Pertemuan Raya (Praya) sebagai salah satu program dalam menjawab hal di atas merupakan kalender tetap PPGT yang dilaksanakan setiap lima tahun sebagai pesta iman dan pertemuan kasih serta tatap muka seluruh warga PPGT dari seluruh dunia tanpa batas dan prasyarat organisatoris. Dalam momen seperti Praya, semua warga PPGT memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk hadir dan mendinamisasi kegiatan. Paradigma baru pun selanjutnya lebih menekankan Praya ini pada kegiatan-kegiatan pelayanan sosial dan kebersamaan ketimbang kegiatan lomba, di mana seluruh agendanya bercermin pada tiga tagline yaitu: Faith Celebration, Fellowship Communion, dan Fiesta Creativity.

Di samping itu, Praya merupakan satu-satunya wadah berhimpun seluruh anggota PPGT, dimana mereka secara bebas dapat mengekspresikan segenap potensi diri, Jemaat, maupun Klasis yang mereka miliki. Praya sejatinya adalah pesta iman pemuda Gereja, karena seluruh rangkaian acara adalah penggambaran ekspresi iman anggota PPGT dari berbagai latar belakang geografi, disiplin ilmu, pekerjaan, dan budaya.

Praya IX yang akan dilaksanakan tahun 2012 menjadi sangat strategis pula, mengingat pada tahun ini PPGT menginjak usia emas, 50 tahun. Maka keceriaan hari ulang tahun emas akan mewarnai prosesi Praya ini. Sidang Sinode Am Gereja Toraja ke-23 mengambil keputusan khusus menyangkut Praya IX ini, yakni menyerukan kepada seluruh warga Gereja Toraja untuk mendukung penuh kegiatan ini.


Tema Water for Life
Mengapa memilih tema ini? Karena air menjadi isu sentral dalam perubahan iklim (climate change), sebuah fenomena global yang sedang mengancam salah satu planet ciptaan Tuhan yang dulunya SUNGGUH AMAT BAIK (Kej 1: 31). Air adalah kebutuhan vital makhluk hidup, maka tidak salah kalau air adalah kata yang paling banyak ditulis dalam Alkitab (607 kali). Namun saat ini air menjadi komoditi yang tak mampu dikendalikan oleh kecanggihan ilmu dan teknologi. Pada saat yang bersamaan jutaan manusia meninggal karena kekurangan air justru ketika di tempat lain ribuan manusia meninggal karena amuk massa air. Menurut Al Gore, mantan Wakil Presiden AS yang sekarang mengabdikan diri untuk kampanye iklim bahwa penyebab utamanya adalah sikap tamak manusia yang tidak terkendali. Sikap tamak itulah yang melahirkan kerusakan ekologis akibat eksploitasi alam yang berlebihan. Dewan Gereja Dunia pun meluncurkan gerakan Water for Life dimana Gereja dipanggil untuk kembali ke hakikat penciptaan (Kej. 1). Hutan adalah pintu masuk membuka persahabatan dengan air, maka Praya adalah kesempatan emas untuk mentransformasi gerakan sayang air kepada warga PPGT dimana Pencanangan Hutan Praya IX menjadi alternatif terbaik.


Waktu dan tempat Pelakasanaan

Pra Praya (Praya Wilayah) untuk sosialisasi Paradigma Baru Praya dan beberapa Agenda Pendukung seperti seleksi beberapa lomba dilaksanakan mulai Oktober 2011 sampai dengan Maret 2012 di masing-masing Wilayah.

Praya dengan rangkaian semua agenda akan dilaksanakan pada tanggal 22 - 28 Oktober 2012 di Ge’tengan-Mengkendek, Tana Toraja.Perayaan HUT Emas 5o tahun PPGT yang juga dirangkaikan dengan beberapa Agenda Pendukung seperti Launching Buku 50 Tahun PPGT dilaksanakan pada tanggal 9 - 11 Desember 2012 di Makassar.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Klasis Makassar berketetapan hati untuk menjadi tuan dan nyonya pelaksanaan Pertemuan Raya (Praya) IX PPGT, yang jika Tuhan berkenan akan dilaksanakan pada September 2012 yang akan datang. Rapat Pleno Pengurus Diperluas PPGT Klasis Makassar yang digelar awal Februari lalu sudah membentuk Panitia dengan Ketua Umum Ir. Soni Budi Pandin dan Sekretaris Umum Ir Yoel Pasae. Saat ini Pengurus Klasis Makassar sedang merampungkan kepanitiaan yang nantinya akan di SK-kan oleh Pengurus Pusat PPGT.

Sebagaimana diketahui bahwa Praya adalah even lima tahunan yang mempertemukan semua elemen PPGT di seluruh dunia. Inilah satu-satunya wadah dimana semua anggota PPGT dengan segala potensi dapat terlibat secara aktif. Diperkirakan tidak kurang dari 5000 anggota PPGT akan berkumpul dalam hajatan ini.


Maksud dan Tujuan Praya
Maksud dan tujuan Praya PPGT tercermin dalam konsep tiga tagline 3FC yaitu Faith Celebra tion-Fellowship Communion-Fiesta Creativity, dimana ketiganya akan dituangkan dalam tiga agenda kegiatan Praya yaitu Agenda Utama, Agenda Pendukung dan agenda Penunjang.

Faith Celebration (Perayaan Iman)
Praya sebagai pesta iman dimana PPGT melakukan ibadah yang utuh, dimana seluruh rangkaian kegiatan praya adalah ibadah. Kehadiran, persahabatan, berlatih membuang sampah dengan benar, penanaman pohon, perlombaan, pentas kreatif, seminar dan diskusi serta dan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan selama praya adalah ibadah. Faith Celebration adalah spirit bagi PPGT untuk mengekspresikan iman dalam totalitas kehidupan, dimana iman betul‐betul
  dirayakan  dalam  kebulatan tekad  dan  komitmen,  dalam  semua  acara  dan  kegiatan,  bahkan  dalam  keseluruhan  waktu.  Faith celebration  adalah  spiritual  worship,  dimana  PPGT  melakukan  refleksi  dan  kontemplasi  untuk menyembah Tuhan sebagai Kepala Persekutuan, menempatkan Tuhan diatas seluruh perayaan hidup serta  mengasah spiritualitas  menuju Spiritualitas  yang  utuh.  PPGT  yang  memiliki spiritualitas  yang  utuh akan mewujud  dalam  pengejawantahan  kasih  kepada  Tuhan  dan  kasih  kepada  sesama  manusia, termasuk di dalamnya kasih sayang kepada alam ciptaan T uhan. Faith Celebrationjuga akan mewujud dalam  bentuk dan  aksi  pelayanan  nyata  PPGT  kepada  masyarakat yang  membutuhkan, melalui pelayan kasih  dan pelayanan sosial  yang  menjadi agenda  utama  Praya. Faith  Celebration  juga  akan  mewujud dalam komitmen  PPGT untuk

Fellowship  Communion  (Komuni  Persaudaraan)
Praya  adalah  pertemanan,  persahabatan  dan  persaudaraan.  Praya  adalah  anugerah  Tuhan  dimana PPGT  mendapat  kesempatan  untuk  melakukan  pertemanan,  membina  persahabatan  dan  mewujudkan komunitas pemuda yang merekatkan persaudaraan serta memperkuat persekutuan. Sejauh ini PPGT telah hadir dan menyebar di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar  negeri. Fellowship Communion adalah pertemuan dan interaksi  warga PPGT dari berbagai latarbelakang  geografi, profesi, keminatan dan  budaya.  Selama  ini  Praya  mendapat kritikan  seolah‐olah  hanya  sekedar  ajang  unjuk  kebolehan, kejuaraan, dan prestise. Fellowship Communion adalah komitmen bersama untuk mempersembahkan segala  macam  bakat  dan  talenta  yang  dimiliki  untuk  memperkuat  persekutuan,  bukan  sebaliknya. Fellowship  communion  adalah  pernyataan  kebulatan  tekad  untuk  menempatkan  nilai‐nilai kekeluargaan  dan  persaudaraan  dalam  seluruh  perhelatan  kegiatan  praya.

Fiesta  Creativity  (Pentas  Kreasi)
Praya  adalah  pentas  kreasi  dimana  seluruh  potensi  PPGT  dapat  diekspresikan  secara  bebas  untuk membangun  persekutuan.  Sebagai  komunitas  orang  muda,  PPGT  memiliki  bakat  dan  keterampilan yang  dapat  dipentaskan  sebagai  hiburan  dan  pelayanan  bagi  sesama.  Fiesta  Creativity  adalah momentum stategis  untuk  berbagi  ide,  gagasan,  dan  pemikiran  untuk  membangun Gereja, masyarakat dan alam semesta sebagaimana dicita‐citakan dalam tujuan PPGT. PPGT hari ini berada di daerah yang sangat terpencil  sampai ke wilayah yang megapolitan, maka Fiesta Creatifity  adalah kesempatan untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman dari segenap anggota PPGT dari berbagai wilayah. Orang muda  adalah  orang‐orang  kreatif,  maka  Praya  sebagai  Fiesta  Creativity  akan  menjadi  pasar  ide  dan inspirasi dimana kita dapat menikmati gelaran ide kreatif serta pertunjukan dari tangan‐tangan kreatif yang memungkinkan peserta pulang dengan segudang inspirasi untuk membangun persekutuan.

Agenda dan Bentuk Kegiatan
Agenda Praya meliputi Agenda Utama yaitu Gerakan Cinta Air dan Agenda Pendukung berupa lomba‐lomba kompetitif. Setiap agenda memiliki bentuk‐bentuk kegiatan yang menuntut pengabdian dan pengorbanan serta kekompakan, kebersamaan dan kerjasama tim. Guna mendukung terwujudnya kedua agenda tersebut maka Praya IX akan menggunakan metode Camping (perkemahan).


1.  Agenda  Utama
Agenda utama  dilaksanakan  dalam  bentuk  “Spiritual  Worship”  dan  aksi  “Save  our  Planet”.  Spiritual Worship  dilaksanakan  dalam  bentuk‐bentuk  ibadah  kreatif  setiap  hari,  sedangkan  aksi  Safe  our Planet dilaksanakan dalam bentuk penghijauan, penataan taman  kota, lokasi  bebas sampah, dan aksi‐aksi  peduli  lingkungan  lainnya.

2.  Agenda  Pendukung
Agenda pendukung dilaksakan dalam bentuk kreasi sejumlah perlombaan baik itu  seni, seni kreasi, dan  olah  raga  untuk  mendinamisasi  suasana  Praya.

3.  Agenda  Penunjang
Agenda penunjang dilaksanakan dalam bentuk pasar ide  dan inspirasi,  dimana terjadi interaksi  dan pertukaran ide  dan informasi  lintas  peserta Praya. T ermasuk dalam agenda ini  adalah forum‐forum diskusi,  Konsultasi  Nasional, Deklarasi Praya,PPGT  Award, Pidato  3  Gubernur,  serta  Launching  Buku 50  tahun  PPGT  yang  akan  dirangkaikan  dengan  perayaan  50  tahun  PPGT.

Pertemuan Raya IX & HUT Emas PPGT

Peserta

Rangkaian Kegiatan Praya IX  dan Perayaan HUT Emas ini  diperkirakan akan  dihadiri kurang  lebih 10.000 orang  yang  terdiri  dari  :
1.  Kontingen  PPGT  Klasis  dari  85  Klasis
2.  BPS  Gereja  T oraja  beserta  undangan‐undangannya
3.  PP.PPGT  beserta  undangan‐undangannya
4.  Senior  Members
5.  Panitia  Pelaksana
6.  Pemuda  Sinodal  dari  denominasi  lain  yang  diundang  oleh  PP.PPGT
7.  OKP  dan  Pemuda  Lintas  Agama  yang  diundang  oleh  PP.PPGT
8. Terbuka untuk seluruh warga PPGT non kontingen yang ingin hadir, termasuk dari perhimpunan Pemuda Toraja di tempat‐tempat di mana Gereja Toraja tidak ada, serta peserta luar  negeri juga diperkenankan. 

 sumber : http://pertemuanraya.blogspot.com ; http://penguruspusatppgt.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung... TYM