Pelaksanaan KPD PPGT Jemaat Bawakaraeng

Sesuai dengan Jadwal yang telah di tentukan, Maka Pelaksanaan KPD (Kamp Pembinaan Dasar) dilaksanakan Hari ini, Jumat 16 November 2012.

Mengingat waktu pelaksaan bertepatan dengan waktu saya dalam penyusunan Tugas Akhir Kulia (Skripsi), maka saya mencoba untuk membagi waktu. siangnya saya menyusun SKRIPSI (Sambil menyegarkan otak, terkadang saya mencuri beberapa waktu untuk main game atau nonton yang otomatis menunda atau berhenti dari penyusunan.. :D ) dan sorenya saya mengikuti KPD sampai selesai.

sebelum berangkat, saya mempersiapkan segala sesuatu yang harus saya bawa ke Gereja. berhubung kegitan sampai larut malam dan saya hanya memanfaatkan transportasi umum, serta setelah kegiatan akan selalu di akhiri oleh Briefing untuk panitia yang otomatis akan memakan waktu hingga larut malam yang membuat kendaraan umum tidak bersabar menungguku dan akhirnya hilang, saya kemudian berpikir untuk membawa beberapa buku serta Laptop karna sudah pasti saya akan menginap di Sekretariatan PPGT (Persekutuan Pemudah Gereja Toraja) seperti 2 hari sebelumnya yang membuat saya harus nginap karna beberapa rapat terlaksana hingga larut malam. Buku dan Laptop ini nantinya saya akan gunakan untuk melanjutkan penyusunan Skripsi Di gereja.

Saya tiba di gereja tepat pukul 18.00 (kurang Lebih :D ) benar-benar berharap kalau kegitan ini akan di mulai tepat waktu. dan akhirnya NIHIL, karna beberapa halangan, kegitan di mulai pukul 18.40 yang di awali dengan acara Nasinal dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Hening Cipta dan menutup acara nasional dengan menyanyikan lagu Mars PPGT serta sambutan dari ketua panitia Erni Toding, Ketua PPGT JBK (Jemaat Bawakaraeng) Yusticia Napang serta perwakilan dari PPGT Klasis Makassar. inti dari setiap sambbutan itu adalah sesuatu yang berhubungan dengan Kepemimpinan.

Antusias dari teman-teman yang mengikuti KPD ini benar-benar terbukti dari jumlah mereka yang hadir, terutama dari adik-adik Katekisasi yang memang di wajibkan untuk ikut. jumlah peserta KPD yang hadir hari pertma sekitar 35 orang dari jumlah yang di targetkan sekitar 50 orang. Materi pertama di awali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Daud Samperuru, S.Th dengan renungan Khotbah dari Bilangan 14:8 dengan tema "Mencintai Masa Depan" Ada beberap hal menarik yang saya sempat catat dalam Khotbah ini, yaitu "Sejarah Kita diawali saat pertama kali lahir, dengan mengintai masa depan perjalanan hidup kita, kita harus yakin bahwa Tuhan selalu beserta kita, pemuda mengikuti KPD & LKPD karena untuk mencapai suatu tujuan, dan untuk mendapatkan tujuan itu, pasti selalu ada pembentukan Karakter, pembentukan karakter bisa di mulai dan dialami di mana saja, namun jika kita mengandalkan Tuhan, percayalah bahwa Masa depan itu ada dan sangat cerah."

Setelah KHotbah, Kemudian angsung masuk kedalam Materi pertama, "Pengakuan Gereja oraja" yang dibawakan langsung oleh bapak Pdt. Musa Sikombong, M.Th. bagi saya, menerima materi yang sangat singkat seperti ini benar-benar diluar dugaan. materi yang seharunya bisa di pelajari dalam satu sampai dua semester. saya benar-benar merasa tidak puas dengan pemaparan singkat ini. seharusnya ada pertemuan-pertemuan khusus dalam PPGT di setiap jemaat yang harus membahas tentang hal ini, pengetahuan yang seharunya diketahui oleh masyarakat dalam jemaat Gereja Toraja khususnya kaum mudah. benar tidak..?? dan seharusnya masuk dalam jadwal pelayanan pengetahuan untuk Anak remaja.

setelah materi pertama selesai, kemudia dilanjutkan dengan makan malam bersama yang telah di siapkan oleh panitia, acara makan malam serta peralatan makan malam ini di sadur dari THEMA PRAYA IX PPGT beberapa waktu lalu yang hanya menggunakan daun pisang dan cangkir yang disiapkan oleh panitia, bertujuan untuk menjaga bumi dengan mencintai lingkungan (Go Green)

setelah makan malam, acara di lanjutkan dengan Materi ke dua, tentang "Anggaran Dasar" dan "Anggaran Rumah Tagga" yang dibawakan oleh perwakilan dari PPGT Klasis Makassar. awalnya, saya pikir materi ini sangat berkaitan dengan Perhitungan atau sesuatu yang berhubungan dengan Akuntansi, pelaporan dan sebagainya, TERNYATAAAAAAAA hanyalah sebuah peraturan-peraturan PPGT yang di pasang dalam setiap Pasal serta ayat. dimana Pasal 5 menunjukkan VISI PPGT yang berbunyi "PPGT bertujuan mewujudkan warga gereja yang sadar dan bertanggungjawab atas tugas dan panggilannya di tengah-tengah Gereja, Masyarakat dan Alam Semesta" yang Intinya, Visi atau Tujuan PPGT adalah Menjadi "KADER yang siap utus"

Acara diakhiri dengan Renungan Singkat pada pukul 24.00. sesuai dengan perjanjian, Panitia mengantar teman-teman yang ikut KPD satu persatu kembali kerumah mereka masing-masing khususnya bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan. setelah teman-teman panitia selesai mengantar beberapa peserta, kami kembali melanjutkannya dengan Briefing di ruang  kesekretariatan.

Briefing berakhir sekitar pukul 01.00 AM, setelah beberapa teman kembali kerumah, saya mulai membuka Laptop dan melanjutkan Tugas, melalui malam bersama beberapa tumpukan buku di ruang kesekretariatan bersama beberapa teman yang sebagiannya sudah tidur dan beberapa lagi sedang online karena berhubung ruang kesekretaritan di fasilitasi dengan WiFi yang kadang-kadang saya manfaatkan jika sudah jenuh dalam menyusun skripsi.

KPD hari berikutnya masih sama, diawali pada pukul 18.30 dengan doa dan renungan singkat setelah itu dilanjutkan dengan Materi ke tiga "dinamika Kelompok" yang di pimpin oleh Novita Sambo Layuk Martidinata, M. Si. ditengah-tengah materi yang berpedoman pada kitab I Korintus 12:4-11 ini terdapat dua games, games yang benar-benar membuatku berpikir baru, kerjasama, cara menyelesaikan masalah dan pikiran terbuka untuk menemukan sesuatu yang baru, mengetahui bahwa dalam satu pertanyaan terdapat beberapa jawaban yang berbeda namun jawaban pertenyaan itu semua benar, dalam setiap masalah, banyak yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikannya.

Setelah makan malam, acara kemudian di lanjutkan dengan Materi ke empat "Dasar-dasar organisasi" yang di bawakan oleh Donald Duocipto Napang, SH. Dimana setiap oraganisasi yang terbentuk, selalu memiliki tujuan kenapa oragisasi itu di bentuk, tujuan ini nantinya akan menjadi tobak bagi organisasi dalam pengembangannya. dalam setiap masalah dalam organisasi, akan selalu di atasi dengan kembali berbalik dan melihat serta memahami tujuan dari organisasi itu sebelum di bentuk.

Selama KPD, saya selalu aktif dalam bertanya, saya bertanya karna benar-benar ingin mengetahui sesuatu yang membuat saya penasaran akan hal itu, bukan karna mencari alasan untuk menjatuhkan pemateri atau sekedar bertanya karna disuruh bertanya. dalam beberapa hal, setiap apa yang aku tanyakan, selalu berhubungan dengan apa yang telah aku alami. terkadang teman-teman menyuruh saya untuk bertanya saat pemateri atau moderator sudah membuka sesi tanya jawab, tapi saya berpikir, apa yang harus aku tanyakan kalau memang tidak ada sesuatu yang perlu saya tanyakan..!!

seperti hari sebelumnya, setelah teman-teman pengurus dan panitia mengantar beberapa peserta yang tidak memiliki kendaraan, kami kembali Briefing untuk membahas agenda yang sudah terjadi atau agenda yang akan di lakanakan nantinya. dan sehabis itu, saya kembali ke Buku dan Laptop dan melalui malam bersama lantunan binatang malam dan suara pujian yang terkadang di putar, sekaligus sesekali masuk kedalam dunia maya.

Namun dari semua itu, saya sangat bersyukur, KPD bisa terlaksana dengan baik atas Anugerah dan Penyertaan Tuhan Yesus yang selaku Kepala Gereja..
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung... TYM